BPBD Provinsi Banten Sosialisasikan Sekolah Aman Bencana Pada Pelajar

SuluhNews.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten melakukan sosialisasi Sekolah Aman Bencana yang berlangsung di Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Terpadu Cibeber kota Cilegon provinsi Banten Kamis (11/10).

Kegiatan Sosialisasi Sekolah Aman Bencana tersebut diikuti puluhan siswa-siswi yang ada di sekolah . Yang mana sosialisasi kepada kalangan pelajar itu rencana akan dilakukan secara berkelanjutan oleh pihak BPBD provinsi Banten di sekolah-sekolah lainnya.

“Hari ini kita memberikan sosialisasi Sekolah Aman Bencana di SMA Islam Terpadu bersama siswa-siswi,” terang Darmidi staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten.

Dalam sosialisasi itu, petugas dari BPBD Provinsi Banten ,Drs Nuryanto memberikan pengarahan topuksi BPBD. Darmidi.s.sos.msi, memberikan materi simulasi gempa bumi, Giman.st..materi poskomado tanggap darurat. . Kusnadi..s.sos.berikan materi..manajemen sekolah aman dari bencana. memberikan penjelasan kepada para pelajar tentang apa itu Sekolah Aman Bencana. Tak hanya itu, para pelajar itu juga berikan pengertian bagaimana cara menyelamatkan diri untuk mengurangi resiko saat terjadinya bencana apapun di sekolah.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini tujuannya adalah untuk menumbuhkan pengurangan resiko bencana sebagai budaya yang harus di tumbuhkan di sekolah,” tambahnya.

Keberadaan Sekolah Aman Bencana sendiri merupakan upaya untuk membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap terjadinya bencana dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur dalam bidang pendidikan di lingkungan sekolah. Kesiapsiagaan tersebut diperlukan di lingkungan sekolah baik sebelum maupun saat setelah terjadinya bencana.

“Harapannya kegiatan ini akan bisa berkelanjutan di sekolah-sekolah lain. Dan outputnya kita berharap materi ini untuk bisa menjadi kurikulum tetap di sekolah,” pungkasnya.(sukron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *