Polres Tangsel Ungkap Kasus Penipuan Modus Jual Rumah Bersubsidi

Suluhnews.com, Tangsel-Polres Kota Tangerang Selatan, pengungkapan kasus tindak pidana penipuan dan atau penggelapan. Modus perumahan bersubsidi dengan nama perumahan Bumi Berlian Asri ( BBA ) didaerah Curug dan Perumahan Bumi Berlian Asri, Serpong yang berlokasi di Cidokom, Kabupaten Bogor. Kamis (13/12/2018)

“Para pelaku disangkakan pasal 378 dan atau 372 KUH Pidana, tentang penipuan atau penggelepan. TKP di Perum Villa Dago Blok A No. 187 Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Jl. Pahlawan Seribu Ruko BSD Sekt. 4 Blok RF No. 39 Kel. Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong,” jelas Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan, di Mapolres Tangsel.

Dijelaskan Kapolres, pelapor adalah Ernawati Widjaya, warga jln. Slliwangi Gg. Lurah No. 39 Rt. 03/02 Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang Kota. Korban lainnya, berjumlah sekitar 164 orang dengan total kerugian kurang lebih mencapai Rp4,5 miliar.

“Pelaku berinisial JS, beralamat di Desa.Touliangjaga IV Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara. Barang bukti uang disita 1.129 lembar Surat Pemesanan Rumah (SPR), 129 Kwitansi Pembayaran boking fee dan brosur perumahan,” ungkap Kapolres.

Kronologis, PT. Cakrawala Karya Kinakas yang Direktur Utamanya JS melakukan penipuan dan atau penggelapan dengan cara membuat dua perumahan yang seperti disebutkan di atas.

Kemudian, membuka kantor pemasaran di Perumahan Villa Dago Blok N187 Rt. 001 Rw.002 Kel. Benda Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan, dengan menjanjikan perumahan tersebut adalah perumahan bersubsidi, dan segera akan dilaksanakan wawancara akad kredit dengan Bank BTN Syariah cabang Bogor atau Bank BTN cabang Pamulang,

“Karena tertarik, saat itu para korban mengajukan permohonan kredit perumahan tersebut dengan membayarkan uang sebagai booking fee sebesar Rp5 juta dan Down Payment (DP) sebesar antara Rp20 juta hingga Rp30 juta.

Namun setelah uang diberikan wawancara tidak pemah dilakukan,” tutur Kapolres.

Kemudian, para korban menanyakan ke Bank BTN Syariah Bogor dan juga Bank BTN Cabang Pamulang. Namun para korban kaget, ternyata namanya tidak pemah terdaftar sebagal orang yang mengaJukan permohonan kredit perumahan Bumi Berlian Asri ( BBA ) maupun Bumi Berlian Asri Serpong ( BBA),

Selanjutnya para korban mendatangi kantor pemasaran, namun kedua pemasaran ternyata sudah tutup. Yang kemudian para korban melapaorkan ke Polres Tangerang Selatan.

Setelah dilakukan penyelidikan, terungkap hampir sebagian besar calon konsumen kedua perumahan tersebut, tidak pernah diajukan ke Bank untuk mendapat fasilitas kredit perumahan. Atau ada juga yang sudah ditolak, namun tidak pernah ada pemberitahuan ke konsumen dan uang muka juga tidak dikembalikan sesual perjanjian pada Surat Pemesanan Rumah SPR).

“Bahwa PT. Cakrawala Karya Kinakas belum terdaftar sebagai anuota ASPRUMNAS. Juga tidak memiliki Surat Keterangan Domisill Usaha ( SKDU ),” tambah Kasatreskrim Polres Tangsel AKP Alexander Jurico.

Selanjutnya, setelah dimintai keterangan saksi-saksl dan melakukan penyitaan terhadap barang bukti, serta meminta keterangan ahli, serta adanya rekomendasi gelar perkara maka penyidik penetapkan JS sebagai tersangka berdasarkan UU Perseroan nomor 40 tahun 2007 pasal 1 angka 510. Pasal 98 ayat (1) dar pasal 97 ayat (3).

JS ditangkap di perumahan Malendeng Residence, Manado Sulawesi Utara, dibantu Sat Reskrim Polresta Manado, pada Sabtu (08/12/2018).

“Karena jumlah korban begitu, penyidik berkoordlnasl dengan PPATK, untuk penerapan Undang Undang Pemberantasan Tindak Pldana Pencucian Uang (PTPPU). Serta melakukan ‘Trace Asset’ tersangka untuk dilakukan penyitaan,” pungkasnya. (Azh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *