Bapenda Banten Terus Permudah Pelayanan

Untuk Meningkatkan Pajak Kendaraan

SULUH NEWS.COM, Serang – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten upayakan peningkatan pajak dengan mempermudah para wajib pajak dalam membayar iuran tahunan. Salah satunya yakni, pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor, kini tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat. Sebab, saat ini hal itu dapat dilakukan di minimarket terdekat. 

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten Opar Sochari mengatakan, peningkatan pelayanan bagi wajib pajak kendaraan diberikan agar mempermudah masyarakat menunaikan kewajibannya membayar pajak kendaraan.

“Pajak sangat berguna bagi pembangunan Banten. Jadi, kita permudah masyarakat untuk bayar pajak dengan datang ke Indomaret atau Alfamart terdekat dengan menyebutkan nomor polisi ke kasir dan memperlihatkan STNK aslinya,” kata Opar kepada wartawan, Kamis (9/5/2019).

Setelah mendapatkan bukti pembayaran, wajib pajak diberikan waktu enam hari setelah pembayaran agar datang ke gerai Samsat terdekat untuk pengesahan dengan membawa STNK asli dan struk pembayaran.

Opar berharap, dengan mudahnya pembayaran pajak kendaraan maka target perolehan pajak akan tercapai. “Kita optimis (target perolehan pajak) tercapai, kan sudah mudah tidak perlu ngantre lagi, lebih mudah dan efisien,” ujarnya.

Direktur Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa menambahkan, pengembangan integrated payment system guna meningkatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, khususnya memberikan kemudahan bagi para wajib pajak untuk melakukan pembayaran PKB Tahunan, SWDKLLJ Tahunan dan Pengesahan STNK Tahunan.

“Kita mengembangkan pengembangan dalam hal pelayanan penerimaan pajak melalui kanal digital banking. Kanal itu meliputi alfamart, indomart, ovo, mitra bank seperti BRI, BNI, Mandiri. Jadi, masyarkat dimudahkan tidak perlu datang dan ngantri di Samsat, lebih efisien,” kata Fahmi.

Fahmi mengatakan, ke depannya Bank Banten menyiapkan metode pembayaran pajak kendaraan melalui tokopedia, bukalapak, JNE, PT Pos. Bahkan, akan menjajaki kerja sama dengan Gojek sehingga wajib pajak bisa membayar menggunakan gopay.

“Sistem kami sudah siap, bahkan Bank Banten yang pertama di Indonesia. Secara tekhnologi bank banten cukup mempuni dalam hal inovasi pelayanan pajak pada masyarajat. kedepannya menjajaki dengan gojek bayar bisa pakai gopay, sekaligus stnknya diantar,” ujarnya. (Adv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *