Karang Tengah Kini Miliki Rumah Budaya Betawi

SULUH NEWS.com, KARANG TENGAH – Komunitas Seni dan Budaya Betawi (KSBB) Kecamatan Karang Tengah kini memiliki Rumah Budaya Betawi yang baru saja diresmikan oleh Pemkot Tangerang, Rabu (7/8/2019).

Peresmian Rumah Budaya Betawi yang terletak di Jl Raden Saleh, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang itu dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Hj Rina Hernaningsih, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Tangerang.

Rumah budaya yang berbentuk rumah adat betawi lengkap dengan ornamen-ornamen khasnya ini juga bekerjasama dengan Pabrik Kopi Harum Manis, sebuah tempat pembuatan kopi lokal khas Tangerang, yang lokasi pabriknya bersebelahan dengan rumah budaya itu.

Hartoto (Bang Toing) anggota DPRD kota Tangerang selaku Pembina Rumah Budaya Betawi itu mengatakan pembentukan rumah budaya ini didasari keinginan untuk melestarikan budaya agar tidak terhapus oleh perkembangan zaman.“Anak-anak muda agar kenal dengan budayanya dan tidak melulu sibuk dengan gadget dan teknologi,” papar politikus PDIP.

Tidak hanya itu, di Rumah Budaya Betawi ini juga nantinya akan dikembangkan lagi hingga memiliki sanggar padepokan silat Beksi, taman baca dan lain-lain. “Bahkan lebih jauh saya ingin satu kampung disini rumah-rumahnya berbentuk budaya betawi, sekaligus juga pengembangan kuliner khas betawi seperti dodol, roti gambang, dan lain-lain,” tambah Bang Toing.  

Sementara  Hj Rina Hernaningsih, Kadisbudpar Kota Tangerang menyambut baik adanya Rumah Budaya Betawi ini, hal ini menambah khazanah budaya yang ada di Kota Tangerang. “Kami juga memiliki agenda rutin tahunan Festival Budaya, nantinya rumah budaya ini bisa diikutsertakan,” ujarnya.

Rina menambahkan setelah ini ke depan akan melakukan pembinaan lebih lanjut terhadap eksistensi rumah budaya ini. “Pengembangan taman bacaan, pelatihan silat dan lain-lain, siap kami fasilitasi,” pungkasnya.(wa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *