Ada Hewan Kurban Tidak Cukup Umur & Terinfeksi Cacing di Masjid Al-Azhom

SULUH NEWS.com, KOTA TANGERANG.– Daging Hewan kurban sapi di Mesjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang,dari hasil Tim pemeriksa hewan kurban dari Institut Pertanian Bogor (IPB) merilis hasil pemeriksaannya belum cukup umurnya untuk disebut hewan kurban , “Kami telah melakukan pemeriksaan  selama dua hari, yaitu saat sebelum pemotongan dan hari H pemotongan,” ujar Reza Pratama, mahasiswa IPB saat ditemui di Masjid Raya Al-Azhom, Minggu (11/8/2019).

Reza menjelaskan hewan kurban di Masjid Raya Al-Azhom berjumlah 42 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Sebelum disembelih, fisik hewan-hewan kurban itu diperiksa. Pemeriksaan fisik yang dilakukan pun seperti pengecekan tanduk dan usianya.
“Dari hasil pemeriksaan didapatkan sebanyak 4 sapi yang umurnya belum cukup untuk dikurbankan, 2 kambing yang juga belum cukup umur dan domba semuanya cukup umur,” katanya.

Setelah disembelih, hewan-hewan kurban itu kembali diperiksa. Pemeriksaan dilakukan pada organ-organ hewan kurban yang meliputi kondisi hati, limpa, jantung, ginjal dan paru-paru.

“Dari hasil pemeriksaan, kami dapatkan 7 organ hati kondisinya mengalami infeksi cacing, dan seekor sapi terindikasi hipoprotein,” ucapnya.

Reza menambahkan pihaknya telah merekomendasikan temuannya tersebut kepada pihak panitia penyelenggara kurban Masjid Raya Al-Alzhom.

Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Tangerang Ahmad Rofiqi mengatakan hewan kurban yang belum cukup umur sudah diganti.”Sudah-sudah diganti dengan yang cukup umur,” katanya.

Disela sela warga yang mengdengar kalau hewan kurban yang sudah diganti ,mereka bertanta Tanya ,siapa yang akan mengganti,dan siapa yang akan menambah biayanya, sedangkan hewan kurban yang sudah cukup umur harganya lebih tinggi dari yang belum cukup umur.

Sementara terkait organ hati pada hewan kurban yang mengalami infeksi cacing tidak didistribusikan atau dibuang. “Nah untuk hati infeksi cacing tidak dipakai, ya,” pungkas panitia penyelenggara kurban Masjid Raya Al-Azhom ini.

Hasil Pantau Suluh bungkusan daging yang telah disiapkan habis semua dibagikan, mungkin ada beberapa wartga yang datang tampa membawa kupon tidak dapat kebagian, menurut warga katanya sudah habis.(Ayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *