WARUNG DESA CIKAL AWAL USAHA BUMDES UMBUL TANJUNG KEDEPAN

SULUH NEWS.com, SERANG-Warung atau tepatnya warungan milik dan bertempat didepan Balai Desa Umbul Tanjung Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, yang diberi nama Warung Sahabat STIE Banten,  Bulan Agustus ini mulai buka ditunggu oleh seorang pelayan dari pegawai desa.Pj Desa Umbul Tanjung, Jumedi, kepada awak media mengatakan kalau warungan ini merupakan cikal bakal usaha Pemerintah Desa yang pada tahun kedepan akan dibentuk Badan Usaha Desa (Bumdes). “dengan dimulainya usaha warungan milik desa ini kedepan akan menjadi cikal awal dibentuknya Bumdes”, katanya dikantor desa beberapa hari iang lalu.

Pj Desa menyampaikan bahwa warung ini, sebagaimana namanya yaitu warung sahabat STIE Banten memang inisiatif Mahasiswa yang tengah KKN dikecamatan Cinangka. Baik pembuatan maupun modal isi warung berasal dari mereka. “warungan ini mulai dari grobog hingga isi barang barangnya, bersumber dari mahasiswa kelompok 10 STIE Banten, Dan habis saja biaya sekitar 4 jutaan Rupiah lebih”, ungkap Pj yang biasa dipanggil Jumed ini.

Sementara ditempat terpisah, Kades Mantan, Kutbi, ketika diminta pendapatnya lewat Telpon Selulernya mengatakan, dirinya merespon penuh Desa Umbul Tanjung mulai punya usaha. Dan memang itu adalah Program Desa yang belum terealisasi disebabkan selama Ia menjabat, pembangunan difokuskan kebidang infrastruktur atau pembuatan fisik jalan yang benar benar dibutuhkan masyarakat dan menurut dia, itupun sama juga sangat menunjang kelancaran ekonomi warga. 

“saya mengapresiasi gerakan Mahasiswa STIE Banten dengan pembuatan warung didesa Umbul Tanjung dan terlebih kepada pak Jumed selaku Pj berikut Perangkat Desa yang telah mensupport Mahasiswa sehingga berjalan lancar sekaligus memulai dibukanya usaha yang dikelola Desa -yang kedepan barang atau jasa yang dijual tidak menyaingi usaha yang dijalankan masyarakat- yang akan dijadikan usaha Bumdes Umbul Tanjung”, katanya.Diakhir komunikasi, Kutbi memohon do’anya pada ajang pilkades nanti, dirinya kembali akan mencalonkan diri sebagai Kepala Desa demi melanjutkan Program-program Desa yang masih tersisa dan menjadi PR baginya hingga benar benar tuntas dan maksimal, terangnya. 

Apresiasi sekaligus harapan besar disampaikan juga oleh sekdes oman, bahwasannya bila BUMDES sudah terbentuk dan warung desa eksis beroprasi segala kebutuhan atk khususnya desa umbul tanjung dan desa terdekat sekitar umumnya instansi dan masyarakat kecamatan cinangka akan disediakan di warung binaan BUMDES Umbul tanjung ini.“alat tulis kantor (ATK) akan disediakan di warung BUMDES ini sehingga keuntungan dan manfaatnya kembali dirasakan oleh kita juga  bisa menunjang peningkatan  ekonomi kita menuju sejahtera”, harapnya. (Arip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *